Rabu, 11 Mei 2011

Jamaah Tabligh Kembali Dituduh Miliki Hubungan dengan Al-Qaidah



Al-Qaidah telah menggunakan layanan dari kelompok dakwah Islam Jamaah Tabligh yang berbasis di Delhi untuk mendapatkan visa dan keuangan dalam melakukan perjalanan ke Pakistan pada pertengahan tahun 80-an, sebuah dokumen Wikileaks baru-baru ini terungkap.

Di Mumbai, jamaah ini aktif di Chunabhatti dan masjid Noor di Jalan Muhammad Ali, selain masjid di Rabodi, Thane dan Kausa, Mumbra. Mereka juga memiliki Markaz atau kantor pusat di Jogeshwari.

Masjid Chunabhatti sendiri mengadakan ijtima mingguan atau pertemuan agama pada malam Kamis di mana anggota jamaah mengatakan bahwa "pintu terbuka untuk semua orang". Jamaah Tabligh mengklaim bahwa mereka tetap jauh dari politik, tidak meminta pendaftaran keanggotaan dan sejenisnya.

Para anggotanya mengatakan bahwa mereka hanya mengunjungi masjid-masjid untuk mendorong orang melakukan amal saleh.

"Jamaah kami memberitahu masyarakat untuk melakukan dakwah secara teratur dan menjadi Muslim yang ideal," kata anggota Majelis Ulama Maulana Mahmud Daryabadi yang merupakan bagian dari Jamaah Tabligh.

"Kami hanya bicara tentang apa di bumi dan di langit sesuai petunjuk dari Allah yang harus diikuti selama hidup. Kami tidak peduli tentang partai politik dan tidak terlibat dalam kerusuhan. "

Laporan oleh tahanan Guantanamo adalah bukan kali pertama yang mengaitkan Jamaah ini dengan kasus teroris. Bahkan sebelumnya, nama jamaah ini telah muncul dalam penyelidikan kasus teror, termasuk pemboman 7/7 (tahun 2005) di London.

"Hal ini dimungkinkan saja dikait-kaitkan karena kami tidak memiliki keanggotaan, orang-orang datang dan duduk di masjid. Masjid Nizamuddin ini terbuka untuk semua orang. Kami tidak memiliki cara untuk mengetahui jenis orang yang datang ke masjid kami. Jamaat tidak bertanggung jawab untuk ini, " kata seorang Tablighi yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.
Berita yang mengait-ngaitkan Jamaah Tabligh dengan kelompok teroris telah menyebabkan banyak tuntutan dari kelompok Islam lain untuk melarang aktivis para tablighi. "Para aktivis Jamaah Tabligh membantu Al Qaidah. Kami akan meminta pihak kementerian dalam negeri untuk menyarankan larangan pada kelompok ini," kata Maulana Sai Noori dari Raza Academy.
sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post