Rabu, 20 April 2011

Wah ternyata ada Perpustakaan Modern di Western Australia


Sejak masih di Indonesia saya sudah jatuh cinta pada perpustakaan. Jaman dahulu kala saya salah satu anggota perpustakaan di KONI Tanah Abang dan kartu anggota waktu itu di buat dari karton yang di ketik pakai mesin tik, warnanya biru. Asyiknya menjadi anggota perpustakaan, disamping untuk meminjam buku, saya pun mudah mencari referensi untuk tulisan2 yang saya kirim ke salah satu koran ibukota dan mendapat honor pula. Lalu lama saya berhenti menulis , apalagi sejak bekerja di UAE (2007), setahu saya di sana tak ada perpustakaan umum.

Di Western Australia terdapat 3 macam perpustakaan, yaitu perpustakaan nasional , perpustakaan wilayah dan perpustakaan sekolah. Saya menjadi anggota ketiga-tiganya (serakah ya? ) yaitu :

1, National Library of Western Australia.

2. TAFE Library ( tempat saya sekolah, cukup gunakan student card utk akses komputer atau meminjam buku, cd , dvd ).

3. City of Swan Libraries yang membawahi komuniti perpustakaan di 6 suburbs yaitu Alton Park, Ballajura, Bullsbrook, Ellenbrook ( daerah tempat tinggal saya) , Guildford dan Midland.

Semua perpustakaan di Western Australia mempunyai fasilitas yang modern yaitu kartu anggota memakai barcode, selfservice, internet, computer, scaner, photo copier plus buku2, majalah dll. Menjadi anggota perpustakaan sangat mudah dan gratis pula, karena database kependudukan di Australia rapi bener.

Saya lebih banyak meminjam buku2 di Ellenbrook karena dekat rumah, buka 7 hari .Jika saya ingin mencari sesuatu cukup buka computer catalog yang online ke seluruh perpustakaan wilayah. Misalnya saya cari buku dengan judul tertentu, diisitu tertera diperpustakaan mana buku tsb berada, jika ada di Ellebrook maka tercetak nomor dimana letak bukunya. Jika tak ada disini, maka saya bisa memesan kepetugas di perpustakaan tsb, istilahnya reservasi karena buku ada di perpustakaan lain atau sedang di pinjam orang.

Seperti 3 minggu lalu saya ingin sekali nonton filmnya Julia Robert ( Eat, Pray, Love) tapi berhubung dvd tsb laris manis, maka saya harus menunggu beberapa hari. Tak lama saya di telpon dan DVD sudah tersedia, saya datang mengambilnya di rak khusus reservasi. Di situ tertera nama2 anggota yang sudah dapat mengambil pesanan buku2 atau dvd.

Selfservice di sini artinya tersedia mesin scaner barcode utk buku2 yang kita pinjam. Pertama scan kartu anggota, lalu scan semua buku satu persatu. Jika selesai maka kita bisa mencetak tanda terima ( optional) , di situ tertera nama kita dan buku apa saja yang kita pinjam. Asyik kan?


sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post